Cerita 3: Sesal yang Melekat


Keluarga gue ga sempurna. Gue ga deket sama bokap nyokap. Gue ga pernah curhat yang kaya temen sama nyokap bokap. Itulah mengapa gue suka sedih, kenapa ya gue ga bisa kaya yang lain. Tapi syukur alhamdulillah bokap selalu mencoba yang terbaik untuk anaknya, selalu.

Di situ kita minta uang, padahal lagi ga ada, beliau usahain ada. Gue tau bokap gue cinta banget sama keluarganya dengan caranya dia sendiri yaitu memenuhi kebutuhannya bukan dengan waktu tetapi dengan uang yang kita butuhkan. 

Perlu diketahui, gue yang ga sedeket itu sama bokap nyokap aja ketika bokap meninggal rasanya sakit sekali. Rasa sakit yang tidak pernah usai atau habis.

Gimana sih, lo ga bakalan ketemu lagi sama bokap lo sampe dunia ini hancur sekalipun. Mau cari keujung dunia juga ga bakalan bisa ketemu.

Disitulah mental gue belum bisa sepenuhnya bangkit. Ada baik dan buruknya. Buruknya gue udah ga sepassionate dulu. Ibarat kata "oh ga bisa, yaudah gpp, ga ada usaha untuk lebih semangat lagi". Kalau ditanya kenapa, gue ga tau jawaban pastinya apa tapi gue merasa bahwa semua orang akan mati. Kita harus bersyukur. Kalau kita udah usaha dan ternyata gagal, yasudah.

Dulu gue berfikir, pokoknya sebelum mati gue harus ke sana ke sini ke sono. Sekarang, ya hidup kaya gini bisa ngelakuin ini ana itu juga udah cukup

Gue sendiripun bingung cara menumbuhkan rasa semangat itu lagi. Kerenlah buat kalian yang ditinggal ortu bisa tetep semangat dan bergairah akan semua hal.

Penyesalan yang Melekat

Setiap ngomongin labuang bajo, pasti gue inget sama bokap, karna gue belum sempat ke sana sama bokap

Rasa yang gue rasa sekarang, hampir semuanya penyesalan, kenapa ya gue ga gini kenapa ya..

Kangen bisa lupa tapi rasa sesal melekat.

Kalau mau kasih hadiah atau apalah untuk ortu, kasihlah, mumpung masih ada waktu bersama.

Hubungan gue dengan nyokap sempat banyak crashnya. Sekarang gue belajar dan nyokap belajar untuk saling mengerti. Gue udah jauh lebih baik. Kadang ada waktunya kita cuman bisa menerima. Ga semuanya harus dituntut. 

Komentar