Usaha Dari Rumah - Sistem Kerja, Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Afiliasi

Sistem kerja, kelebihan dan kekurangan bisnis afiliasi. Bagi kamu yang menggeluti bisnis online, pastinya sering menjumpai istilah afiliasi marketing. Apa itu afiliasi marketing? Jadi merupakan suatu program yang paling efektif untuk bisa mendulang pendapatan besar dengan memanfaatkan internet dan jangka waktunya pun terbilang singkat.

Secara umumnya memang istilah tersebut lebih mengacu ke membantu penjual untuk bisa menyampaikan jasa atau produk yang ditawarkan ke konsumen. Sebagai contohnya, sekarang ini sedang populer jasa paid promote dan jasa endorsement yang tentunya sangat menguntungkan.

Lantas, bagaimana cara untuk menerapkan hal tersebut ke dalam bisnis yang sedang dibuat? Untuk lebih jelasnya maka kamu bisa menyimak pembahasan kali ini tentang sistem kerja, kelebihan dan kekurangan bisnis afiliasi.

Cara Kerja Afiliasi Marketing

Pada saat seseorang ingin menjalankan bisnis afiliasi marketing dengan maksimal, maka ia perlu mendaftarkan dirinya ke suatu web ataupun perusahaan afiliasi. Dari sanalah orang tersebut bisa mendapatkan link afiliasi.

Nah, dari link afiliasi yang didapatkannya itu maka ia bisa melakukan promosi terkait dengan barang atau jasa yang ditawarkan melalui berbagai platform atau media, seperti Facebook, Instagram, Twitter, website, blog, forum online, dan masih banyak lagi. Jika ada produk yang berhasil ia juga melalui link afiliasinya maka ia akan mendapatkan komisi.

Sedangkan untuk komisi yang bisa didapatkan juga tidak sama alias berbeda-beda tergantung dari barang, jasa, ataupun produk yang ditawarkan. Pemasaran afiliasi sendiri adalah bentuk model bisnis yang membuat kamu mendapat penghasilan pasif dengan cara yang terbilang mudah sehingga para pemula sekalipun bisa melakukannya dengan baik karena tidak memerlukan modal, produk milik sendiri, ataupun website.

Kelebihan Bisnis Afiliasi

Setiap bisnis pastinya memiliki kuntungannya, termasuk bisnis afiliasi. Nah, untuk kamu yang tertarik dengan bisnis afiliasi maka bisa mengetahui terlebih dahulu tentang sistem kerja, kelebihan dan kekurangan bisnis afiliasi.

Untuk kelebihan dari bisnis afiliasi antara ain:

1. Tanpa Modal

Jika kamu menginginkan bisnis tanpa modal maka bisnis afiliasi ini bisa dijadikan sebagai pilihan yang tepat. Hal tersebutlah yang membuat banyak orang tertarik dengan bisnis afiliasi. Untuk menjalankannya kamu hanya memerlukan gadget dan internet.

2. Minim Kerugian

Setiap bisnis yang dijalankan pastinya memiliki risiko kerugiannya tersendiri. Untuk keuntungan dari bsinis afiliasi adalah minim kerugian, tidak ada kontrak yang mengikat kamu dan mengharuskan kamu untuk menjual produk sesuai target perusahaan.

3. Mudah Dijalankan

Bisnis afiliasi terbilang mudah untuk dijalankan, kamu bisa mendapatkan keuntungan pada saat orang-orang mengunjungi situs atau blog yang kamu punya.

4. Waktu Fleksibel

Keuntungan yang selanjutnya yaitu kapan saja dan di mana saja kamu bisa menjalankan bisnis afiliasi ini. Kamu bisa menjaring banyak calon pelanggan serta menghasilkan uang melalui situs web asalkan memiliki koneksi internet yang baik ya.

Kekurangan Bisnis Afiliasi

Di samping kelebihan, ada juga kekurangan dari bisnis afiliasi ini. Sistem kerja, kelebihan dan kekurangan bisnis afiliasi juga perlu kamu pertimbangkan. Untuk kekurangannya seperti berikut:

1. Rekam Jejak yang Singkat

Perlu kamu ketahui bahwa bisnis afiliasi ini memiliki sistem rekam jejak yang pendek, bahkan hanya 1 bulan saja. Jadi para pelanggan yang membeli produk atau jasa dari link kamu dengan waktu lebih dari 1 bulan maka kamu tidak mendapatkan komisi. Hal tersebut dikarenakan link yang kamu bagikan akan masuk ke link utama secara otomatis.

2. Komisi Tidak Renewal

Komisi yang tidak renewal adalah salah satu kekurangan dari bisnis afiliasi. Kamu hanya akan mendapatkan komisi dari pengunjung yang baru membeli produk melalui link kamu. Dan kamu tidak mendapatkan keuntungan jika pengunjung yang sama melakukan pembelian kedua.

3. Informasi Produk Perlu Diperbarui

Para pengusaha yang memulai bisnis afiliasi ini selalu melalukan update atau memperbarui program dan juga produk yang dipromosikan. Persaingan terhadap produk serupa juga tentunya akan semakin ketat.

4. Tayangan Iklan yang Merugikan

Adanya iklan membuat produk atau jasa malah membuat orang-orang cenderung masuk ke situs utama. Hal ini membuat kamu yang menjalankan afiliasi tidak mendapatkan keuntungan. Maka dari itulah tayangan iklan cukup membuat rugi.

5. Pendapatan Rendah

Komisi yang kamu dapatkan juga lebih sedikit dibandingkan dengan pemilik produk. Jadi kamu tidak perlu heran jika pemilik produk memiliki pendapatan yang lebih tinggi karena modal yang dibutuhkan juga tidak sedikit.

6. Penghasilan Tidak Menentu

Jika kamu menginginkan pendapatan yang tetap maka menjalankan bisnis afiliasi bukanlah pilihan tepat. Pendapatannya tidak menentu karena disesuaikan dengan produk yang kamu jual.

Dengan pembahasan sistem kerja, kelebihan dan kekurangan bisnis afiliasi di atas kita mengetahui bahwa ada plus minus dalam suatu bisnis online yaitu afiliasi. Jika kamu menginginkan pekerjaan sampingan maka bisa menjalankan afiliasi. 

Komentar