Kecanggihan Produk Bardi, Bisa Mematikan AC Lewat HP Keren!

 


Pasti anda pernah merasa khawatir peralatan yang ada dirumah sudah anda matikan sepenuhnya atau belum, tetapi anda sudah tidak ada waktu untuk kembali ke rumah. Di samping membuta tidak fokus saat bekerja, kekhawatiran berlebihan membuat anda gelisah tentang sesuatu yang buruk akan terjadi dirumah. Sehingga, anda membayangkan bagaimana jika ada perangkat smart home yang bisa bekerja secara otomatis. Contohnya seperti saklar lampu rumah ketika anda sedang mendekati rumah dan mematikannya saat anda menjauh dari rumah, serta AC yang menyala saat suhu sedang panas.

Sehingga, pada artikel ini akan mengulas tentang Automation dari produk Bardi Smart Home, yang mana produk tersebut merupakan brand lokal yang berfokus untuk memberikan perangkat-perangkat pendukung smart home.

APA ITU BARDI SMART HOME ?

Bardi Smart Home adalah sebuah alat brand lokal Indonesia yang mempunyai tujuan berfokus pada perangkat pendukung Smart Home, yang mana Bardi telah menyediakan perangkat Smart Home  untuk bisa dibeli di seluruh wilayah Indonesia. Bardi juga akan mewujudkan konsep smart home atau rumah pintar yang akan berada dirumah anda.

Didukung oleh Tuya Smart, yang merupakan sebuah perusahaan penyedia produk a lot telah melayani 180.000 konsumen di seluruh dunia dan menghubungkan lebih dari 100 juta produk a lot. Tuya Smart mempunyai platform cloud global loT dengan arsitektur yang terdistribusi oleh permintaan perangkat pemrosesan data harian yang telah mencapai hampir 80 miliar kali. Bardi merupakan salah satu dari Tuya Smart yang ditawarkan di Indonesia.

Salah satu produk Bardi yang bisa mematikan AC secara otomatis melalui Smartphone adalah Bardi Smart IR Remote. Berikut adalah penjelasan lebih jauhnya.

Bardi Smart IR Remote – Pengganti Remote di Rumah

Produk ini merupakan alat pemancar infrared yang pintar dan dapat dikendalikan secara nirkabel melalui aplikasi selama ada jaringan internet. Juga, Bardi Smart ID Remote berfungsi dapat menggantikan semua remote infrared dirumah, namun jika tidak ada dalam daftar, anda bisa menduplikasikan signal infrared dari remote lama ke remot Bardi. Alat ini berbentuk kepingan bundar yang agak tebal berwarna hitam metalik.

Cara menggunakannya cukup mudah, dengan menghubungkan IR Remote ke listrik lewat kepala adaptor yang sudah termasuk dalam pembelian. Lalu, alat ini akan memancarkan signal dengan sudut pemancaran 360’ dan jaraknya sampai 10 m. Sehingga, Remote Bardi bisa dikendalikan oleh banyak perangkat dalam satu ruangan dan anda bisa memberikan perintah kepada remote untuk on atau off perangkat dari jarak yang jauh. Perangkat yang bisa dikontrol adalah Televisi, AC, DVD, Smart TV Box, Lampu dan Router WIFI.

Bardi Smart IR Remote ini tidak membutuhkan keahlian khusus dalam memasangnya, anda cukup colok ke listrik dan ditempatkan pada posisi yang tidak terhalang oleh peralatan elektronik yang ingin anda kendalikan. Bardi Smart IR Remote sangat disarankan bagi anda yang mempunyai AC dirumah, karena jika anda merasa lelah setelah beraktivitas diluar dengan cuaca yang panas, anda bisa gunakan remote ini untuk menyala AC sebelum pulang dan bisa mematikan TV sebelum tidur.

Selain itu, ada perangkat yang bisa mengontrol seluruh perangkat dengan lebih modern. Anda bisa memanfaatkan Automation.

Home Automation dengan Bardi Smart Home

Home Automation memiliki pengertian dalam membuat perangkat smart home untuk melakukan suatu fungsi secara otomatis ketika terdapat pemicu tertentu yang sudah diatur sebelumnya. Pemicu dan fungsi dari apa yang akan dilakukan anda bisa ditentukan dengan sekali atur untuk perangkat melakukan automation.

Lalu, apa manfaat automation di Bardi Smart Home ?

1. Pemicu untuk Status Perangkat

Berfungsi sebagai sebuah lat yang bisa digunakan pemicu untuk menjalankan automation tertentu. Contohnya, ketika ada satu Smart Bulb dimatikan maka secara otomatis Smart Bulb yang lain juga bisa mati secara otomatis.

2. Pemicu untuk Kondisi Cuaca

Secara jelas, pemicu ini memanfaatkan informasi cuaca tempat tinggal atau lokasi perangkat Bardi Smart Home anda berada, yang mana pengaturan ini mempunya beberapa jenis pemicu cuaca yang berbeda.

Pengaturan cuaca diaktifkan bisa dibuat, seperti suhu udara, kelembaban, cuaca (panas, berawan, hujan), matahari terbenam atau matahari terbit, dan kecepatan angin. Skenario penggunaan yang dimaksud, seperti:

  • Suhu udara dapat digunakan sebagai pemicu AC rumah. Saat suhu udara berubah, misalnya di atas angka tertentu, pengguna bisa mengatur AC agar otomatis menyala agar suhu di dalam ruangan tidak terlalu panas.
  • Matahari terbit/terbenam dapat digunakan sebagai pemicu untuk mematikan/menyalakan beberapa lampu, baik untuk Bardi Smart Bulbs maupun lampu biasa dengan Smart Wall Switch.
  • Kelembaban juga dapat digunakan dalam mengaktifkan pelembab udara yang terhubung ke Smart Portabel Soket / Smart Wall Socket.
  • Pada kondisi cuaca dapat digunakan untuk mengaktifkan banyak perangkat-perangkat yang ada di rumah, seperti ampu, AC, dan lainnya.
3. Pemicu untuk Lokasi

Pemicu ini menggunakan GPS smartphone, dimana anda dapat mengonfigurasi perangkat Bardi Smart Home untuk bertindak ketika pengguna mendekati/masuk atau keluar/meninggalkan area tertentu. Misalnya, anda dapat mengatur ketika berada di dekat rumah, lampu dan AC akan menyala secara otomatis. Bisa juga saat pengguna keluar rumah, lampu dan AC otomatis mati.

4. Kombinasikan Automation

Tentu saja, pemicu dapat didefinisikan yang tidak hanya dapat digunakan dalam satu jenis, tetapi dapat digabungkan untuk melakukan otomatisasi. Misalnya, pengguna dapat mengonfigurasi otomatisasi tertentu untuk berjalan secara otomatis hanya pada hari-hari tertentu melalui jadwal aktivasi. Juga dapat dikonfigurasi untuk menyalakan lampu rumah berdasarkan jadwal tertentu dan jika pengguna aktif memasuki area perumahan.


Demikianlah artikel ini dibuat, semoga membantu anda !

Komentar