Daftar Mobil Listrik yang Sudah Tersedia di Indonesia

 

Mobil merupakan salah satu alat transformasi yang menjadi pilihan pertama di dunia, saat ini. Sejak adanya alat transformasi ini, banyak orang termasuk merek atau brand yang memutuskan untuk memproduksi dan berinovasi dalam menghasilkan atau meningkatkan kemampuan mobil untuk digunakan masyarakat dengan lebih mumpuni. Tentu saja, hal ini membuat banyak macam mobil yang beredan di dunia.

Salah satu jenis atau macam mobil yang paling baru adalah mobil bertenaga listrik. Mobil listrik adalah salah satu dari jenis mobil yang baru beredar di masyarakat dunia. Kemudian, banyak orang yang menginginkan mobil tersebut karena manfaat dan kegunaan yang ditawarkan pun dianggap lebih baik daripada jenis mobil yang lainnya.

Saat ini, sudah banyak mobil listrik yang sering terlihat di jalanan Indonesia, khususnya di kota besar. Diketahui bahwa pemerintah Indonesia juga terus mendorong penggunaan mobil listrik. Tidak hanya itu, pemerintah Indonesia juga menargetkan pada tahun 2025 sudah ada 20% dari kendaraan yang diproduksi di Indonesia merupakan mobil Low Carbon Emission Vechile (LCEV) termasuk didalamnya kendaraan listrik.

Namun, tidak bisa dipungkiri pula bahwa harga mobil listrik termasuk alat transportasi yang mahal jika dibandingkan dengan mobil dengan mesin pembakaran internal. Saat ini pula sudah ada sedikitnya 5 mobil listrik yang sudah dipasarkan di Indonesia dari beragam jenis dari merek Jepang hingga Tiongkok.

Berikut adalah daftar mobil listrik yang sudah tersedia di Indonesia:

1.      Hyundai Ioniq EV

Pada tahun 2021, Hyundai sudah mulai memperkenalkan kendaraan yang ramah lingkungan pada pasar otomotif Indonesia. Hyundai Ioniq EV berasal dari Korea Selatan, dan mendapatkan sambutan yang baik dari konsumen Indonesia.

Mobil listrik ini telah menyediakan 2 model mobil untuk Ioniq. Tipe terendah dari mobil listrik adalah Ioniq Prime dengan harga sekitar Rp 637 juta, sedangkan tipe yang termahal adalah Ioniq Siqnature dengan harga sekitar Rp 677 juta.

Ioniq Prime dan Signature memiliki perbedaan di segi fitur-fitur pada eksterior dan interior. Ioniq Signature memiliki lampu depan yang sudah LED dan dilengkapi dengan sunroof diatapnya. Lalu, untuk Ioniq Prime lampunya masih alogen dan atapnya masih polos.

Untuk Interior kedua mobil tentu berbeda pula, Ioniq Signature pada kursi depannya sudah elektrik dengan memory seat, pendingin kursi, dan ambient lighting. Sementara Ioniq Prime menyediakan cruise control, keyless entry, pemanas kursi, speedometer digital, dan jok kulit.

Mobil listrik ini juga dibekali oleh baterai 38,3 kWh. Dan dengan penggunaan baterai tersebut, Ioniq EV dapat menempuh jarak sampai 373 Km.

2.      Nissan Leaf

Nissan telah memasuki pasar Indonesia pada pertengahan Agustus 2021.  Nissan leaf memberikan fitur- fitur yang nyaman seperti lampu depan dan belakang LED, jok kulit, pemanas kursi, cruise control, keyless entry, speedometer kombinasi digital, dan head unit yang canggih.

Mobil listrik ini merupakan kendaraan dengan 100% elektrik yang berbasis baterai dalam mengisi ulang dayanya (bertenaga listrik). Mobil ini didukung oleh teknologi Nissan Intelligent Mobility, yang memiliki teknologi e-Pedal yang mempermudah akselerasi dan pengereman yang dikombinasikan dengan sensor berkendara untuk beragam kondisi.

Jika daya mobil listrik ini penuh, Nissan Leaf bisa menempuh jarak hingga sejauh 311 Km. Juga, mobil ini telah dibekali dengan kapasitas baterai 40 kWh. Perkiraan harga untuk bisa membeli mobil listrik ini adalah sekitar Rp 719 juta.

3.      Lexus UX 300e

Bagi para penggemar mobil listrik brand Lexus, Lexus telah menyediakan mobil listrik dengan tipe Lexus UX 300e. Mobil ini telah dibekali oleh baterai Lithium-ion dengan jarak yang bisa ditempuh mencapai 300 Km untuk sekali pengisian daya listrik.

Mobil listrik ini dibanderol dengan harga Rp 1.245 miliar, dan menjadikan salah satu mobil listrik premium di Indonesia. Mobil ini dibekali dengan perangkat keselamatan komplet, seperti 10 airbags, Iane trace assit, pre-collision system, blind spot monitor, dynamic radar cruise control, head up display, dan kamera panoramic.

4.      DFSK Gelora E

Mobil listrik ini merupakan mobil listrik termurah di Indonesia. Mobil ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 480 juta untuk tipe Blind Van dan varian mini bus Rp 510 juta.

Walaupun harganya lebih murah daripada jenis mobil yang lain, mobil ini menawarkan kepraktisan dam berbagai fitur atau fungsi. Tipe mini bus bisa menampung tujuh penumpang, sedangkan Blind Van mempunya volume kargo sampai 4.8 M3.

Fitur yang lainnya adalah AC, power window, head unit 8 inci, tuas transmisi model kenob, speedometer dengan MID, kamera mundur, ABS, EBD, dan sensor parkir belakang. Mobil ini telah dibekali kapasitas baterai berukuran 43 kWh yang bisa menempuh jarak sekitar 300 Km atau lebih.

Demikianlah daftar rekomendasi mobil listrik yang bisa anda coba !

Komentar