Apakah ada Kulkas Inverter ? Hemat Listrik? Ada Dong!

 

Di era modern dengan didukungnya perkembangan teknologi, segala macam barang eletronik akan mengalami perkembangan yang lebih canggih pula, salah satunya adalah kulkas. Kulkas memang sejatinya dipergunakan untuk menyimpang buah – buahan atau sayuran, akan tetapi dengan adanya kulkas berkompresor inverter segala macam benda dijamin bisa lebih tahan lama.  Banyak merek kulkas yang ditawarkan di pasaran dan sudah dilengkapi dengan fitur inverter.

Inverter sendiri merupakan adalah sebuah teknologi terintegrasi yang membuat kompresor kulkas mampu bekerja secara fluktuatif dengan menyesuaikan beban yang ada di dalamnya.

Maka dari itu, beberapa orang juga lebih suka menikmati minuman dingin atau es sehingga penggunaan kulkas menjadi lebih luas dengan dibekali teknologi inverter ini.

Tidak hanya itu, anda tidak perlu lagi khawatir dengan tagihan listrik yang naik karena fitur yang ditawarkan lebih hemat listrik.

Cara Kerja Kulkas Inverter

Ini dimulai dari pusat kulkas, yang merupakan kompresor sehingga inverter bekerja di kulkas. Alat yang disebut jantung kulkas ini bertindak sebagai kekuatan pendorong. Ketika kompresor dibebankan, sepeda motor bergerak di dalamnya untuk memasok tekanan ke radiator.

Bahan pendingin tekanan tinggi dan suhu tinggi. Dengan demikian, refrigeran dapat dipasok ke arah kondensasi. Kemudian, pada titik kondensasi, gas panas mengembun membentuk cairan kembali, yang menyebabkan refrigeran mengalir ke kapiler.

Tekanan kapiler dari pipa kapiler menyebabkan refrigeran naik ke evaporator. Refrigeran menguap dan regasses pada tekanan dan suhu yang sangat rendah. Udara yang sangat dingin terperangkap di antara evaporator, yang membeku menjadi partikel es dan mendinginkan lemari es.

Baca Juga: Mau udara rumah bersih? Coba Purifier

Lalu, Kulkas inverter memiliki desain yang futuristik dan elegan, yang tidak hanya bermanfaat bagi mereka, tetapi juga berkontribusi pada keindahan desain interior rumah anda.

Pada kulkas 2 pintu sistem kerja inverter mulai digunakan. Sederhananya, kulkas inverter mendukung teknologi terbaru dalam sistem kerja kulkas yang mengatur kinerja kompresor agar bekerja lebih efisien.

Dengan sistem ini maka ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan oleh para penggunanya, salah satunya adalah hemat listrik.

Keunggulan paling istimewa dari penggunaan kulkas inverter adalah hemat listrik atau energi. Dengan teknologi inverter, pengguna akan merasakan penghematan listrik yang bisa hemat hingga 70% tanpa pengurangan performa dari pendinginnya.

Cara kerja dari kulkas inverter ini terjadi saat fluktuasi derajat suhu dingin. Tentu saja, tak lepas dari kinerja kompresor dari kulkas itu sendiri. Lalu, saat suhu berubah menjadi lebih tinggi, secara otomatis akan memicu kompresor bekerja kembali dengan daya yang lebih besar.

Inverter tidak akan membuat kompresor benar-benar mati, melainkan tetap aktif dengan tingkat laju lebih pelan meski suhu dalam kabin lemari es mencapai suhu yang ditentukan.

Tidak hanya hemat listrik, kulkas inverter dapat memprediksi kenaikan dan penurunan tegangan. Oleh karena itu, lemari es dapat dioperasikan dengan tegangan listrik yang cukup rendah pada kisaran 95 hingga 220 volt. Teknologi kompresor inverter ini menurunkan titik gesekan komponen kulkas karena kompresor tidak membutuhkan banyak energi untuk dihidupkan berulang kali selama pengoperasian.

Alhasil, kulkas ini lebih awet. Beberapa produk menawarkan garansi kompresor hingga 10 tahun. Karena gesekan minimal antara komponen inverter , kulkas jenis ini tidak hanya tahan lama tetapi juga lebih senyap.

Karena jumlah suku cadang yang digunakan dalam kompresor inverter lebih sedikit daripada kompresor normal, titik gesekan antar suku cadang lebih sedikit.

Lalu, Keuntungan lain dari memilih kulkas inverter untuk rumah anda adalah bahwa ia datang dengan garansi terbatas. Jika anda memiliki masalah dengan kulkas inverter anda, anda dapat memanfaatkan garansi ini. Merek kulkas dan ternama biasanya memiliki kompresor inverter dengan garansi sekitar 10 tahun. Sehingga anda akan nyaman saat menggunakannya.

Lalu, berikut adalah beberapa rekomendasi kulkas inverter yang bisa anda jadikan sebagai referensi.

1. Kulkas LG GN-B215SQMT

Dengan penawaran harga mulai dari 3,5 Juta

Salah satu jenis kulkas 2 pintu adalah LG GNB185SQBB dengan teknologi intelligent inverter compressor door. Kulkas ini menggunakan teknologi Moist Balance Crisper untuk pengaturan tingkat kelembapan yang lebih optimal.

Teknologi ini menguapkan sisa air dari makanan dan membentuk kondensasi pada molekul yang terkondensasi dalam makanan. Nyaman untuk menjaga keseimbangan kelembapan di dalam kotak. Udara pendingin di lemari es ini disuplai dari setiap sudut lemari es melalui beberapa saluran udara pendingin.

Selain itu, kulkas ini memiliki fitur diagnostik cerdas untuk membantu pengguna saat mengalami masalah dengan kulkas LG ini. Anda dapat memecahkan sendiri masalah lemari es dengan mengakses aplikasi SmartDiagnosis pada handphone anda.

2. Kulkas Aqua AQR D275R

Dengan penawaran harga mulai 4 juta

Kulkas Aqua ini menggunakan teknologi insulasi lengkap untuk mempercepat proses pendinginan. Kulkas ini juga memiliki sistem filter ganda nanoferit dan fungsi penghilang bau. Fitur ini mencegah pertumbuhan bakteri dan bau serta menjaga makanan dalam kondisi optimal. Bagi anda yang ingin menyimpan obat-obatan dan kebutuhan kosmetik, lemari es ini dilengkapi dengan tempat rias yang dapat dilepas.

3. Kulkas Samsung RT25FARBDSA

Dengan penawaran harga mulai dari 5,2 Juta

Kulkas Inverter Samsung ini memiliki 7 tingkat kecepatan yang bisa diatur sesuai tingkat dinginnya. Produk Samsung ini menyediakan fitur wet fresh zone yang dapat mencegah hilangnya kadar air lebih cepat.

Anda dapat menyimpan sayuran dan buah-buahan segar untuk waktu yang lebih lama. Kulkas ini juga memiliki fungsi cool pack yang dapat digunakan saat listrik padam.

Dengan fungsi freezer , makanan dapat disimpan dalam keadaan beku hingga 12 jam. Terlebih lagi, kulkas ini tahan hingga 8 jam, sehingga makanan tidak meleleh atau menjadi tua.

Dengan demikian artikel ini dibuat tentang kulkas inverter dan beberapa rekomendasi yang bisa anda jadikan sebagai referensi.

Semoga Beruntung !

Komentar