Apakah Benar Ada Kabel di Dalam Laut? Simak Ya

Apakah benar ada kabel di dalam laut? Hal tersebut cukup banyak dipertanyakan. Sehubungan dengan hal tersebut, IndiHome selaku penyedia layanan internet paling populer di Indonesia memang sempat menerima kritik dari masyarakat yang menggunakan layanannya. Hal ini dikarenakan melemahnya jaringan internet IndiHome yang juga ramai diperbincangkan di media sosial.

Ternyata salah satu penyebab dari lemahnya jaringan internet IndiHome adalah masalah yang ada di kabel bawah laut. Seperti yang diketahui bahwa kabel bawah laut memang dikenal menjadi salah satu sarana untuk menghubungkan jaringan internet.

Mengenal Lebih Dekat Kabel Bawah Laut

Dari sedikit penjelasan di atas, kini kita bisa menjawab pertanyaan tentang apakah benar ada kabel di dalam laut? Dan jawabannya adalah benar. Sebenarnya kabel di bawah laut telah lama dimanfaatkan, bahkan sejak tahun 1858 dijadikan sarana penghubung komunikasi. Pertama kali saat itu kabel bawah laut diguakan untuk menghubungkan telegraf antar wilayah.

Seiring dengan berkembangnya zaman kinerja kabel bawah laut semakin luar biasa dan semakin baik, bahkan dalam hitungan menit saja pesan yang dikirimkan melalui telegraf tersebut bisa sampai ke orang yang dituju.

Mengenai cara kerja dari kabel bawah laut sendiri memang bisa dikatakan mirip dengan kabel biasa, namun letak perbedaannya ada di bagian konduktor kabel bawah laut dibalut dengan lapisan lebih tebal untuk menghindari adanya korsleting yang diakibatkan air laut. Karena dilapisi dengan lapisan yang tebal maka kabel bawah laut terlihat seperti kabel raksasa.

Untuk daya tahannya, kabel bawal laut memang didesain khusus sehingga bisa bertahan selama 25 tahun di bawah air. Perancangan khusus ini memang sengaja dilakukan agar kabel tidak diganti secara berkala dalam jangka waktu singkat karena pastinya akan menyulitkan. Mengenai ketebalan kabel di bawah laut berbeda-beda, untuk kabel bawah laut yang ditanam di bawah lantai samudra lapisannya lebih tipis dibandingkan dengan kabel di atas lantai samudra.

Walaupun sekarang ini banyak teknologi baru yang muncul, namun kabel bawah laut seakan tak tergantikan. Teknologi satelit telah populer sejak abad ke-20, namun biaya untuk mengirimkan informasi lewat satelit sangat mahal dan rentan mengalami gangguan. Maka dari itulah walaupun teknologi satelit hadir, tapi tetap saja kabel bawah laut tidak tergantikan olehnya.

Apa saja Kelebihan Komunikasi Fiber Optik Bawah Laut?

Usai mengetahui apakah benar ada kabel di dalam laut? Kini kita akan membahas mengenai kelebihan yang ada pada komunikasi fiber optik bawah laut. Dalam hal pengaplikasikan fiber optik (serat optik) bawah laut pastinya sudah dibekali dengan berbagai kelebihan sehingga bisa menunjang kinerjanya. Untuk kelebihan dari kabel serat optik bawah laut sendiri ada beberapa, antara lain sebagai berikut:

1. Lebar bidang pada fiber optik bawah laut memang lebih luas, sehingga akan memberikan kemudahan untuk menampung informasi yang besar.

2. Sudah dibekali dengan tingkat kecepatan yang lebih tinggi sehingga meminimalisir gangguan yang bisa saja terjadi.

3. Untuk penggunaannya, komunikasi fiber optik bawah laut juga bisa digunakan dengan baik dan tidak akan terpengaruh oleh medan elektris atau magnetis.

4. Keamanan untuk kabel bawah laut tentunya sudah terjamin dan telah teruji sehingga kemungkinan adanya masalah pun bisa diminimalkan risikonya.

5. Salah satu keunggulan dari fiber optik bawah laut adalah seratnya mempunyai ketahanan terhadap bahan kimia, gas beracun, dan juga air sehingga cocok ditanam di dalam tanah.

6. Dan kelebihan yang terakhir dari kabel bawah laut adalah sudah dibekali dengan substan yang rendah, sehingga jumlah sambungan serta jumlah pengulangannya dapat diperkecil.

Apa saja Kekurangan dalam Komunikasi Fiber Optik Bawah Laut?

Dan poin terakhir dalam pembahasan apakah benar ada kabel di dalam laut? Adalah kekurangannya. Setiap teknologi pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya termasuk kabel di dalam laut. Ada beberapa kekurangannya, antara lain:

1. Fiber optik bawah laut memang minim gangguan namun sayangnya biaya yang dibutuhkan dalam peralatannya juga cukup mahal.

2. Dibutuhkan konversi daya listrik ke cahaya untuk dapat menggunakan komunikasi fiber optik bawah laut dan prosesnya juga terbilang cukup rumit.

3. Kekurangan yang selanjutnya adalah dari segi prosedur serta pemasangan memerlukan alat khusus.

4. Para tenaga ahli sangat dibutuhkan untuk bisa memperbaiki gangguan yang kompleks di kabel dalam laut.

5. Loss data bisa saja terjadi karena komunikasi fiber optik bawah laut yang dapat menyerap hidrogen.

6. Ekosistem bawah laut sangat penting, namun komunikasi fiber optik bawah laut dapat menimbulkan kerusakan ekosistem tersebut.

Kini kamu telah mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan kabel di dalam laut. Semoga informasi mengenai apakah benar ada kabel di dalam laut? Ini bermanfaat ya.

Komentar