Fakta dan Kunggulan Mobil Listrik di Jakarta Mau Punya?

 

Mobil listrik merupakan kendaraan yang sepenuhnya atau Sebagian dari mobil digerakkan oleh motor menggunakan listrik di baterai. Kemudian, baterai tersebut bisa diisi ulang. Pertama kali mobil listrik diproduksi pada tahun 1880-an, dan mulai terkenal di akhir abad ke 19 dan awal abad ke 20. Kendaraan ini berbeda dengan kendaraan biasa yang umumnya menggunakan mesin bertenaga bensin atau diesel.

Namun tidak semua mobil listrik bekerja dengan cara yang sama. Ada yang berjenis plug-in hybrids, jenis ini menyediakan tenaga dari mesin bensin atau diesel dan motor listrik, mobil ini ditenagai oleh baterai yang dapat diisi ulang. Ada pula mobil listrik yang tidak menggunakan bahan bakar cair sama sekali, sehingga otomatis tenaganya bergantung secara penuh pada listrik (battery electric vehicle).  Kemudian, dengan jenis hydrogen fuel cel vehicle yang menghidupkan motor listrik dengan cara mengubah gas hydrogen menjadi listrik.  

Saat ini, pemerintah berusaha menekan tingginya emisi khususnya di wilayah Jakarta dengan membuat Perpres No. 55 Tahun 2019 tentang kendaraan ramah lingkungan. Kemudian, kendaraan bermotor akan digantikan dengan model bertenaga listrik. Maka dari itu, banyak produsen mobil listrik memanfaatkan hal tersebut untuk membuat mobil listrik bisa lebih dikenal dan digunakan sebagai kendaraan yang ramah lingkungan.

Kemudian, fakta dan keuntungan apa saja yang didapatkan jika memiliki mobil listrik di Jakarta ?

Fakta dan Kuunggulan Mobil Listrik di Jakarta:

1.  Ramah Lingkungan

Mengapa bisa disebut ramah lingkungan, ini disebabkan karena mekanisme laju kendaraannya diproses dengan menggunakan daya listrik, yang menyebabkan mobil listrik tidak menghasilkan residu emisi berupa Co2 dan Co. Tentu saja ini berbeda dengan mobil berbahan bakar bensin atau diesel yang dapat mencemari udara.

2. Kabin Lebih Tenang

Ini menjadi keuntungan bernilai plus yang sedang dicari oleh masyarakat Indonesia. Sebab, mobil dengan kabin yang senyap, sunyi dan tenang akan menambah rasa nyaman saat berkendara. Sementara kendaraan konvensional mempunyai mesin penggerak yang dapat menghasilkan getaran yang masuk dalam kabin.

3. Penghematan Biaya dalam Merawat Kendaraan

Keuntungan yang satu ini tidak bisa dimiliki oleh mobil berbahan bakal bensin, sementara mobil listrik bisa lebih menghemat biaya untuk biaya perawatan kendaraan. 

Anda tidak perlu khawatir dengan pergantian oli yang rutin, mengganti busi, mengganti koil, mengganti air radiator dan tidak repot keluar untuk isi BBM.

Sementara, mobil listrik hanya melakukan pemeriksaan mekanis, dan rotasi termasuk spooring dan balancing, pergantian filter udara kabin dan bilah wiper, dan pengisian cairan washer.

4. Terdapat Ruang yang Lebih Hemat dan Praktis

Mobil listrik mempunyai baterai yang lebih fleksibel, yang menyebabkan bentuk dari mobilnya pun bisa lebih kecil, diantaranya Mobil Listrik BMW 13x atau Renault Twizy.

Seperti yang sudah diketahui, mobil listrik berbentuk mungil ini cocok untuk masyarakat Indonesia sehingga bisa tetap melaju di kemacetan dan masuk gang yang sempit di Jakarta.

Mobil listrik berdaya baterai ini bisa diulang dirumah. Pengisian ulangnya pun bisa dibilang mudah untuk dilakukan karena anda hanya perlu menghubungkan kabel atau charge yang cocok untuk mobil anda.

5. Pengisian Ulang Bisa Menempuh Jarak Ratusan Kilometer

Mobil listrik yang mempunyai daya penampungan arus listrik yang besar, dapat digunakan jarak jauh dalam pengisian ulang sekali melalui sistem pengecasan.

Misalnya pada mobil Tesla Model 3 yang dapat menjangkau jarak tempuh sekitar 240 mil atau setara dengan 386 Km dengan sekali pengisian ulang.

6. Dibekali dengan Teknologi yang Lebih Cerdas dan Canggih

Pada kendaraan listrik yang memiliki Intelligent Transport System (ITS), bisa melakukan pengereman sendiri jika terjadi tabrakan.

Intelligent Transport System (ITS) merupakan sistem keamanan yang disediakan sehingga mobil akan segera terhenti sebelum menabrak sesuatu. Sehingga, mobil ini bisa menjadi mobil yang paling aman.

Pada kecepatan mobil, manuver dengan mobil listrik ini lebih bertenaga. Sehingga, kecepatan berkendara akan dirasa lebih cepat karena kerja torsi dalam waktu yang singkat menuju roda mobil.

7. Pengisian Daya Tidak Memakan Waktu yang Lama

Pada kecepatan pengisian daya telah meningkat 5 kali lipat dalam beberapa tahun terakhir, sebab para insinyur mulai fokus pada Electric Vehicle (EV) sebagai masa depan dari model transportasi. Contohnya seperti mobil listrik Hyundai IONIQ 5 yang memiliki teknologi ultra-fast charging yang mampu mengisi daya 80% hanya dalam kurun waktu 18 menit.  

Kesimpulannya, banyak fakta dan keuntungan yang bisa anda dapatkan ketika anda ingin mempunyai mobil listrik di Jakarta, Ramai dan padatnya Jakarta, mobil listrik bisa menjadi salah satu pilihan anda. Terlebih lagi, mobil listrik yang dijual telah lolos berbagai tahap pengujian ekstrem dalam menjamin keselamatan, keamanan dan kenyamanan penggunaan. Meskipun bertenaga listrik, mobil listrik bisa tetap aman saat hujan dan dapat dicuci.

Bagaimana ? Apakah anda mulai tertarik untuk memiliki mobil listrik ?

Komentar