Cara Menghitung Biaya Pembangunan Rumah yang Akurat

 

Mempunyai rumah impian tentu saja menjadi salah satu impian banyak orang. Sebagian orang dalam mewujudkannya dengan membangunnya sendiri bukan dengan membelinya. Berbeda dengan membeli rumah dari seorang developer, anda juga harus bisa menghitung biaya yang dikeluarkan dalam membangun rumah impian anda itu sendiri dan membuat anggaran pengeluaran dan pemasukannya. Tentu saja membuat anggaran biaya akan sangat membantu dalam proses pembangunan rumah anda kedepannya.

Kemudian, biaya yang harus anda perhitungkan seperti, biaya desain rumah, biaya jasa tukang, sampai dengan bahan dan elemen rumah lainnya. Perhitungan biaya perlu dilakukan dengan baik dan cermat agar konstruksi rumah bisa dijalankan tanpa membebani keuangan anda. Dengan perencanaan dan perhitungan yang tepat pula, keuangan anda bisa lebih terkontrol dalam hal pemakaian dan pembelajaran material dalam tahan pembangunan rumah.

Berikut adalah cara atau Langkah yang bisa anda cermati agar biaya pengeluaran anda bisa lebih tertata.

Cara Menghitung Biaya Pembangunan Rumah:

1.    Luas Bangunan dan Lahan

Hal pertama yang dilakukan adalah menghitung luas tanah dan luas bangunan. Ketahuilah kondisi tanah dari tempat bangunan yang akan anda bangun. Sebab, bentuk dan kondisi tanah secara tidak langsung akan berpengaruh pada desain rencana bangunan yang akan diakibatkan untuk perencanaan.

Contohnya adalah ukuran atau kondisi tanah di daerah perkotaan tentu berbeda dengan kondisi tanah di pedesaan. Lahan yang akan dibangun rumah membutuhkan ukuran tanah yang tepat agar desain yang telah anda desain bisa sesuai dengan yang anda inginkan. Sehingga, anda perlu melakukan survei terlebih dahulu untuk  mengetahui kondisi tanah yang akan dibangun rumah anda. Kemudian, dari situlah anda bisa memulai menghitung  biaya pembangunan rumah.

Dalam pengukuran luas tanah dan luas bangunan yang ingin anda bangun dapat dilakukan dengan cara melakukan pengukuran secara manual menggunakan alat pengukur metera. Kemudian, anda bisa mengetahui secara keseluruhan dan dapat menentukan sketsa awal denah bangunan yang diinginkan.

2.    Tentukan Desain Bangunan

Ketika anda memulai pembangunan, terlebih dahulu dapat mempertimbangkan tentang memilih menggunakan konsultan jasa desain rumah atau tidak dan tentukan cara menghitung biaya bangunan rumah yang benar dan cermat. Secara umum, ketika anda menggunakan konsultan, anda akan mendapatkan gambar desain rumah dan perhitungan rencana anggaran biaya (RAB).

Kemudian, gambar desain rumah dapat dibuat oleh konsultan secara detail. Dengan pengalaman yang mereka miliki, anda dapat memperbanyak konsultasi dalam desain rumah yang sesuai dengan yang anda inginkan , tentu saja dengan biaya yang tetap disesuaikan dengan keuangan anda.

Manfaat dalam pembuatan RAB adalah sebagai perkiraan anggaran biaya yang dibutuhkan dalam proses pembangunan rumah dari awal sampai akhir.  Sehingga, anda tentu akan lebih mudah memperkirakan kebutuhan biaya yang harus dipersiapkan. Lalu, adanya rencana anggaran biaya dapat membantu anda dalam mempersiapkan keuangan secara benar. RAB juga akan dijelaskan secara detail tentang pengeluaran, item pekerjaan dan detail dari harga material dan upah kerja.

Tentu saja RAB tidak akan menjamin jumlah biaya pengeluaran anda secara nyata, namun masih dalam  batas wajar dapat anda tolerir dikarenakan selisih perbedaan harga material dan cara kerja tukang. Dalam hal tersebut, banyak orang yang membutuhkan pembuatan RAB jika anda menggunakan jasa konsultan desain rumah.

Pada tahap selanjutnya adalah memberikan semua data dan ide desain yang dibutuhkan konsultan dalam pembuatan bentuk gambar desain rumah anda. Anda perlu pastikan bahwa sebelum melakukan proses mendesain rumah dan perhitungan RAB oleh konsultan, anda perlu memiliki konsep ide rumah.

3.    Tentukan Biaya Material Pembangunan

Pada tahap ini, Jenis material bangunan yang ingin dipakai dalam pembangunan sanggatlah penting dipertimbangkan. Karena setiap material bangunan memiliki kualitas yang berbeda-beda. Anda dapat mengajukan pilihan untuk setiap material bangunan yang dipakai. Karena biaya pembangunan akan berbanding lurus dengan kualitas bangunan yang dihasilkan.
RAB akan dikerjakan setelah desain gambar selesai, rincian harga material yang dibutuhkan, biaya tenaga pengerjaan dan pengadaan alat yang dibutuhkan dalam pembangunan akan dibuatkan pula dengan terperinci. Untuk pengadaan alat dalam membangun dapat dilakukan dengan berbagai cara tergantung kebutuhan alat tersebut. Apabila mereka belum mempunyai peralatan kerja yang lengkap, maka solusinya dapat dengan cara menyewa alat pertukangan atau membebankannya pada pekerja yang akan membangun rumah Anda. Seperti yang sudah anda ketahui bahwa sebenarnya Dinas Pekerjaan Umum di tiap masing-masing daerah telah membuat daftar harga material bangunan dan standar upah pekerja bangunan, yang dapat Anda pakai untuk penghitungan RAB pada rumah Anda.
Perhitungan RAB juga sudah disesuaikan dengan setiap komponen yang ada. Sebagai contoh, penghitungan biaya pemasangan keramik lantai tentu akan berbeda dengan biaya pemasangan keramik dinding.

4.    Perhitungan Upah Pekerja yang Dikeluarkan

Cara menghitung biaya bangun rumah akan berbeda hasilnya antara menggunakan tenaga pekerja borongan dengan tenaga kerja harian. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda dapat menentukan pilihan sesuai dengan kebutuhan dan tipe pekerjaan yang akan diberikan pada pekerja. Dalam pembangunan rumah ada jenis pekerjaan yang dapat diborongkan dan ada juga yang harus dikerjakan dengan pekerja harian.
Keputusan memakai tenaga kerja secara borongan dapat menjadi solusi praktis bagi Anda yang tidak ingin direpotkan atau tidak memiliki waktu banyak untuk memikirkan detail pembangunan. Anda juga dapat menyampaikan keluhan kepada pekerja apa bila pekerjaan mereka ada yang tidak sesuai dengan desain saat pembangunan rumah sedang berjalan. Pemborong akan memberikan harga borongan pekerjaan secara keseluruhan tergantung kesepakatan yang Anda buat dengan pekerja.
Terkadang pemborong juga akan menawarkan harga upah pekerja termasuk dengan material yang dibutuhkan.

5.    Lakukan Evaluasi

Yang terakhir adalah lakukan evaluasi untuk cara menghitung biaya bangunan rumah yang anda dapat ketahui setelah pembangunan rumah selesai dikerjakan. Kemudian dari hasil tersebut anda akan dapat mengetahui nilai kebutuhan nyata yang sudah dikerjakan dari awal pembangunan sampai selesai. Kemudian, total biaya yang sudah dikeluarkan dari hasil perhitungan RAB akan dapat diketahui dari selisih antar keduanya. Ini wajar terjadi jika terdapat selisih diantara keduanya.

Akan tetapi, RAB dapat dibilang akurat dan baik jika selisih diantara biaya kebutuhan nyata di lapangan dengan harga RAB tidak jauh berbeda. Jika selisih kurang lebih 10 sampai 15 persen, maka selisih yang terjadi karena perubahan harga material, kendala cuaca, pola kerja tukang dan cara pemakaian material.

Lalu, jika sudah mengetahui cara menghitung biaya pembangunan rumah, maka anda akan bisa lebih mudah dalam merencanakan desain rumah dan biaya pengeluaran pembangunan. RAB bisa anda serahkan pada orang yang sudah ahli dalam bidangnya agar hasil yang dihasilkan bisa lebih akurat.


Demikian cara perhitungan biaya pembangunan ini dibuat.

Semoga beruntung !

Komentar