5 Tanaman Penangkal Nyamuk dan Serangga untuk Dirumahmu

 

Pasti anda pernah merasa terganggu dengan adanya nyamuk dan serangga yang mengganggu aktivitas di rumah. Nyamuk adalah serangga yang sangat mengganggu, begitu pula dengan serangga – serangga serupa yang lain. Selain mengganggu aktivitas sehari – hari, nyamuk dan serangga juga membawa penyakit bagi orang – orang rumah. Nyamuk membawa banyak penyakit yang bisa merugikan diri sendiri dan orang terdekat anda.

Media penangkal atau pengusiran nyamuk dan serangga memang sangat dibutuhkan. Banyak media yang bisa digunakan, seperti media alternatif dan media tanaman.

Ketika anda bisa menggunakan alternatif pengusir nyamuk seperti, pengusir nyamuk semprot atau elektrik. Namun, ketika anda menggunakan media elektrik dan penyemprotan semprot bisa berbahaya bagi pernapasan jika digunakan dengan jangka panjang. Selain itu, anda pasti juga ingin yang lebih tahan lama seperti tanaman salah satunya.

Tanaman tidak hanya menjadi penghias rumah, tapi juga ada tanaman hias yang bisa dijadikan sebagai media pengusiran nyamuk dan serangga. Berikut adalah 5 rekomendasi tanaman penangkal nyamuk dan serangga.

1.      Tanaman Lavender

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa tanaman lavender adalah tanaman yang tidak disukai nyamuk karena aromanya yang wangi. Anda bisa menggunakan tanaman ini sebagai media pengusiran nyamuk. Ditambah lagi, warnanya yang cantik bisa menghias rumah anda lebih hidup.

Nyamuk tidak menyukai tanaman ini dikarenakan tanaman ini menebarkan wangi yang berasal dari minyak atsiri pada daunnya. Tanaman ini pula sangat kuat dan tahan lama, hanya saja dibutuhkan sinar matahari dan darinase yang baik dan cukup. Tidak hanya itu, tanaman ini juga bisa bertahan di banyak iklim dan tumbuh subur di daerah yang lebih hangat.

Anda bisa menaruh tanaman ini didepan rumah atau di ruangan belajar atau di ambang jendela agar nyaman enggan masuk ke dalam rumah.

2.      Tanaman Mint

Pasti anda pernah melihat mint di hidangan minuman atau makanan, namun tahukah anda bahwa tanaman mint juga termasuk dari tanaman penangkal nyamuk dan serangga yang cukup efektif dalam mengusir serangga-serangga tersebut. Aroma yang disebarkan oleh tanaman ini dapat mengusir berbagai macam serangga yang akan masuk ke dalam rumah. Ini dikarenakan sifat aromatik yang ditimbulkan dari daun, batang dan bunganya.

Serangga seperti, lalat, laba-laba, nyamuk, agas, bahkan semut akan menjauhi tanaman ini. Tanaman mint bisa mudah tumbuh dimana saja, sehingga memberikan anda kemudahan dalam menanam tanaman ini. Kebanyakan serangga juga membenci aroma dari tanaman ini.

Dengan perawatan rutin, anda bisa menambahkan tanaman mint sebagai dekorasi dalam atau luar rumah yang menyegarkan. Juga, anda perlu menanam tanaman ini ke dalam pot dan sering-sering untuk memetik daunnya agar tanaman tetap terjaga dalam kondisi yang baik.

3.      Tanaman Rosemary

Rosemary yang dikenal sebagai media obat untuk Kesehatan, juga bisa sebagai media pengusiran serangga – serangga yang mengganggu. Rosemary memiliki aroma wangi kayu yang sedap. Walaupun Rosemary tumbuh paling baik di daerah yang panas dan kering, ia juga bisa di semua kondisi lain,

Selain menangkal nyamuk dan serangga, anda bisa menggunakan tanaman ini sebagai obat herbal dan  bahan masakan. Kemudian, cara terbaik dalam menanam Rosemary adalah menaruhnya di area dapur. Anda juga bisa menanamnya sebagai tanaman pembatas dan dekorasi untuk mempercantik pekarangan rumah.

4.      Tanaman Marigold

Tanaman yang memiliki warna yang mencolok, sering dicari banyak orang karena indah dan cantik. Bunga – bunga yang dihasilkan berwarna cerah seperti, kuning, oranye, dan merah. Marigold mudah tumbuh dengan baik di tanah atau di dalam pot.

Selain cantik, tanaman ini juga bisa sebagai media pengusiran nyamuk dan serangga. Diketahui, aroma yang dipancarkan dari tanaman marigold ini bisa mengusir atau mencegah nyamuk masuk ke dalam rumah.

Tanaman Marigold juga diketahui bisa mengusir kutu daun, thrips, lalat putih, kumbang kacang Meksiko, cacing tanduk tomat dan lainnya.

5.      Tanaman Serai atau Sereh

Pasti anda sering menjumpai kata Serai atau Sereh ini ketika anda membantu ibu kalian memasak. Tapi, tahukah anda bahwa serai juga bisa menjadi media penangkal nyamuk dan serangga di rumah ?

Tanaman serai adalah tanaman penangkal nyamuk dan serangga terbaik nomor satu di kalangan tanaman-tanaman yang lainnya. Tanaman ini sering digunakan sebagai bahan alami dalam media semprotan pengusir nyamuk komersial, lilin, dan produk serupa lainnya.

Serai atau sereh memiliki aroma yang khas dan segar, namun aroma ini tentunya dibenci oleh nyamuk dan serangga lainnya.

Berbentuk rumput namun besar, bisa sekaligus menjadi tanaman hias di pekarangan rumah anda dan berdampingan dengan tanaman-tanaman lainnya.

Demikianlah rekomendasi 5 tanaman penangkal nyamuk dan serangga yang bisa anda tanam dan rawat.

Semangat bercocok tanam !

Komentar