Ketahuilah! Cara Membuat TVmu Menjadi Smart TV

 

Televisi sudah dikenal lama di kalangan banyak orang sebagai sahabat keluarga. Mengikuti perkembangan teknologi, TV semakin lama semakin berkembang pula. Jika dibandingkan dengan masa pemakaian, masa pakai TV jauh lebih lama dibandingkan dengan perangkat komputer maupun handphone.

Pada era sekarang, TV juga ada yang dikenal dengan sebutan Smart TV mengikuti perkembangannya. Perkembangan teknologi membuat televisi atau TV tidak hanya digunakan untuk menonton stasiun televisi nasional saja. Namun, televisi juga bisa dipakai untuk menonton berbagai situs dan layanan streaming seperti, YouTube, Netflix, dan banyak lagi.

Smart TV membuat orang menjadi kebingungan dan bimbang tentang apakah harus mengganti TV lama dengan Smart TV ? Saat ini, Smart TV sangat berguna jika penggunanya benar – benar memanfaatkan fitur – fitur yang disediakan. Jika anda mempunyai keluarga, Smart TV bisa menjadi pilihan yang sangat berguna karena tayangannya bisa lebih dikontrol untuk menstimulasi anak.

Smart TV memungkinkan anda untuk menggunakan berbagai layanan berbasis internet. B. Streaming video ke aplikasi atau game yang sedang berjalan seperti perangkat seluler. Namun, harga TV jenis ini di pasaran masih cukup tinggi. Akan tetapi, anda tidak perlu khawatir, karena sekarang televisi lama kamu bisa diubah menjadi Smart TV !

Anda juga bisa membeli perangkat pendukung untuk mengubah TV lama anda ke Smart TV. Perangkat – perangkat tersebut seperti, Google Chromecast,streaming stick, atau smart box dengan berbagai jenis brand atau merek. Dalam artikel ini pula, akan dijelaskan lebih lanjut bagaimana cara menggunakan perangkat- perangkat pendukung tersebut ke dalam TV anda agar bisa berubah menjadi Smart TV.

Berikut adalah Langkah atau cara mengubah TV lama menjadi Smart TV!

1. Gunakan Smart Box

Setalah anda mempunyai smart box. Pasang smart box dengan menghubungkan kabelnya ke port HDMI yang berada di belakang TV.  Lalu, setelah terhubung, pastikan port HDMI berapa yang dihubungkan. Kemudian, hubungkan ujung kabel silinder dengan stopkontak listrik agar smart box dapat menyala. Yang terakhir, nyalakan TV lalu ubah input menjadi nomor HDMI yang anda pilih. Setelah itu, atur dan ikuti petunjuknya hingga selesai.

2. Anda bisa menggunakan Apple TV

Apple TV sudah terhubung dengan iTunes, perangkat ini menghubungkan anda dengan film atau music dari Apple Store, Netflix, YouTube, dan berbagai fitur layanan yang lain. Jika anda memiliki Apple TV Remote, anda bisa merasakan sensasi mengubah tayangan dengan sentuhan.

3. Gunakan Streaming Stick

Cara yang lain adalah anda bisa menyambungkan TV anda dengan streaming stick. Anda cukup menghubungkan stick ke dalam port HDMI di TV anda. Kemudian, pasang kabel daya yang ditancapkan kabel USB ke bata adaptor daya lalu buka steker. Lalu, hubungkan ujung kabel ke port sisi tongkat dan ujung kabel lainnya ke stopkontak listrik. Yang terakhir, ubahlah input TV ke saluran HDMI dengan slot yang anda sambungkan streaming stick e bagian belakang TV. Setelah itu, anda akan diminta untuk menekan tombol Putar atau Jeda di remote untuk remote yang dipasangkan dengan streaming stick atau TV. Lalu, anda bisa memilih jaringan nirkabel dan masukkan kata sandi. Kemudian, masuk akun.

4. Penghubungan antara TV ke Konsol

Cara ini termasuk cara yang mudah dilakukan. Xbox 360 atau PS4 bisa membuat TV lama anda menjadi Smart TV, dengan memanfaatkan konsol yang dimiliki.

5. Menghubungkan Koneksi Internet Menggunakan Port LAN atau WIFI

TV box yang sudah terpasang dengan benar dan dikenali oleh TV, TV box hanya dapat berfungsi dengan baik dengan mengaktifkan koneksi internet dengan kabel Ethernet melalui port LAN atau modem WIFI untuk smart TV anda.

Pastikan koneksi internet anda yang terhubung stabil dan cukup cepat untuk mengakses semua fitur. Ini memungkinkan anda untuk menikmati fitur-fitur canggih seperti TV pintar umum. Jangan biarkan buffering atau terputusnya koneksi secara tiba-tiba mengganggu momen anda saat memutar film streaming atau game favorit anda. Jadi, tentunya selalu gunakan provider internet terbaik untuk rumah anda, seperti Telkomsel Orbit.

6. Menggunakan Media Portable, Chromecast

Chromecats merupakan salah satu alat yang dikembangkan oleh Google, berbentuk mini, langsung bisa disambungkan ke port HDMI TV anda dan terhubung dengan smartphone (iPhone, iPad, Android, dan Laptop). Koneksikan dengan WIFI yang ada dirumah untuk mendapatkan tayangan yang diinginkan.

Ukurannya yang kecil, alat ini bisa dibawa ke mana-mana saat anda bepergian.

7. Memakai Kodi

Kodi merupakan alat yang dihubungkan dengan port HDMI TV anda, sama seperti Chromecast. Alat ini juga bisa menayangkan tayangan yang diinginkan dan membuat kualitas tampilan HD.

8. Menghubungkan Laptop ke TV

Cara ini, bisa dibilang cara yang sederhana, selama laptop dan TV yang anda gunakan mempunyai port HDMI. Hubungkan laptop dan TV menggunakan kabel HDMI.

Demikianlah cara merubah TV lama anda menjadi Smart TV dengan mudah.

Semoga beruntung !

Komentar