10 Desain Kamar Mandi Minimalis Elegan

 

10 Desain Kamar Mandi Minimalis Elegan

Kamar mandi merupakan hal vital dalam rumah kita. Bayangkan jika ada rumah yang tidak ada kamar mandinya, pasti hal itu akan menjadi sangat merepotkan.

Ketidakadaan kamar mandi dalam rumah bukan merupakan sesuatu hal yang sangat buruk. Namun, hal itu menunjukkan bahwa rumah itu masih terkesan sangat jaman dulu. Bisa saja rumah itu di pedesaan yang sangat terbelakang, sehingga orang melakukan MCK masih di sungai.

Tetapi untuk jaman modern seperti ini, kamar mandi adalah kebutuhan mutlak yang tidak bisa ditawar. Ketersediaan kamar mandi juga sangat perlu untuk kesehatan dan kebersihan penghuni dan lingkungan sekitarnya. Oleh karena itu, kamar mandi menjadi salah satu perhatian utama dalam pembangunan sebuah rumah.

Untuk menghasilkan desain kamar mandi yang minimalis dan elegan, Anda tidak memerlukan lahan yang terlalu besar. Anda yang memiliki rumah bertipe rumah minimalis dengan lahan terbatas pun mampu menghasilkan desain kamar mandi yang minimalis dan elegan. Anda harus fokus pada kebutuhan dan fungsi utama dari kamar mandi tersebut.

Bagian Penting Dalam Desain Kamar Mandi

1. Posisi Kloset

Hal yang paling utama dalam desain kamar mandi adalah pengaturan untuk posisi kloset dan area untuk mandi. Dua hal yang paling utama ini harus diperhatikan dalam desain kamar mandi. Jika masih ada lahan sisa maka bisa dimanfaatkan untuk wastafel.

Kloset sendiri saat ini umumnya orang menggunakan kloset duduk atau menggunakan kloset jongkok.

2. Area Mandi 

Sementara untuk area mandi, orang bisa menggunakan bak sebagai tempat menampung air. Anda juga bisa langsung menggunakan shower saja sebagai alat mandi. Jika memiliki area lahan yang cukup besar dengan alokasi dana yang lebih besar, Anda bisa menggunakan bath tub.

Shower akan memberikan kesan kamar mandi yang kering, sedangkan bath tub memberikan kesan mewah pada kamar mandi.

3. Pemilihan Keramik Kamar mandi

Pemilihan keramik kamar mandi juga sangat penting. Hal ini perlu diperhatikan, mengingat kamar mandi cenderung basah maka keramik yang digunakan harus yang bermotif kasar sehingga kamar mandi tidak licin.

Salah satu motif keramik yang orang sukai untuk kamar mandi adalah keramik dengan motif kayu sehingga memberikan kesan natural. Selain bagian lantai, dinding pada kamar mandi juga harus dipasang dengan keramik. Hal ini bertujuan agar dinding tidak menjadi lembab dan berjamur karena adanya cipratan air.

4. Pemilihan Keramik Dinding Kamar Mandi

Saat ini, keramik dinding sudah tersedia dengan berbagai variasi. Salah satu yang banyak disukai orang adalah keramik dengan ukuran kecil dan licin sehingga air tidak menempel dan mudah dibersihkan.

Untuk mempercantik kamar mandi, Anda dapat menggunakan kaca pembatas antara area mandi dan kloset. Saat ini sudah banyak juga dijual tempat shower yang sudah dalam bentuk ruang, lengkap dengan kaca dan pintunya.

Apabila hal-hal itu sudah dipenuhi dengan sebaik mungkin, maka relatif desain kamar mandi minimalis dan elegan sudah kita dapatkan. Ruangan dengan luas 2 m × 2 m sudah sangat memadai untuk desain kamar mandi minimalis yang elegan. Bahkan, ruangan yang kurang dari ukuran segitu pun juga sudah bisa.

5. Wastafel

Hal terakhir perlu diperhatikan pada desain kamar mandi adalah wastafel. Wastafel digunakan sebagai tempat untuk menggosok gigi dan berdandan.

Pembuatan wastafel tentunya bisa disesuaikan dengan anggaran dan luas kamar mandi. Wastafel biasanya dipadukan dengan kaca cermin yang besar di depannya.

Selain itu, wastafel juga dapat ditambah dengan beberapa rak kecil di bawah wastafel untuk penyimpanan keperluan kamar mandi seperti sabun dan handuk. Tidak jarang juga, pada wastafel terkadang orang menaruh bunga atau pewangi ruangan yang mempermanis kamar mandi.

Dari penjelasan ini, maka kita dapat mengetahui beberapa contoh desain kamar mandi yang cukup minimalis. Berikut ini beberapa contoh desain kamar mandi yang minimalis dan elegan. 

1. Desain I

Desain Kamar Mandi Minimalis Elegan

2. Desain II

Desain Kamar Mandi Minimalis Elegan


3. Desain III

Desain Kamar Mandi Minimalis Elegan


4. Desain IV

Desain Kamar Mandi Minimalis Elegan


5. Desain V

Desain Kamar Mandi Minimalis Elegan


6. Desain VI

Desain Kamar Mandi Minimalis Elegan


7. Desain VII

 

Desain Kamar Mandi Minimalis Elegan


8. Desain VIII

Desain Kamar Mandi Minimalis Elegan


9. Desain IX


10. Desain X

Desain Kamar Mandi Minimalis Elegan

Selain contoh-contoh di atas, tentunya masih banyak contoh desain lain untuk kamar mandi yang minimalis dan elegan.

Perlu diperhatikan juga bahwa desain kamar mandi yang bagus juga harus disertai dengan saluran air yang bagus dan lancar, baik untuk saluran air bersih maupun saluran air kotor. Saluran air akan menjadi suatu hal yang sangat mengganggu dan menimbulkan bau tak sedap apabila saluran air pada kamar mandi tidak lancar.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan adalah masalah pencahayaan dan sirkulasi udara di dalam kamar mandi, sehingga tidak pengap dan udaranya tetap segar.

Pada akhirnya, pembuatan kamar mandi yang minimalis dan elegan sangat bergantung pada selera setiap orang dan ketersediaan dana yang dimilikinya.


Komentar