10 Desain Dapur Terbuka Bikin Betah di Dapur

 

10 Desain Dapur Terbuka

Sebagai salah satu bagian rumah, dapur memegang peranan penting sebagai tempat penghuninya mengolah makanan sehari hari.

Sekarang banyak orang yang mulai melirik untuk membuat dapur terbuka karena mereka mengadopsi beberapa desain dapur di luar negeri.

Walaupun dengan keterbatasan lahan yang ada, hal ini harusnya tidak menjadi hambatan untuk membuat sebuah desain dapur terbuka yang nyaman dan membuat betah.

Salah satu area yang sering dimanfaatkan untuk dapur terbuka adalah taman belakang. Selain letaknya yang lebih private, dapur terbuka di halaman belakang juga memberikan rasa nyaman. Terlebih lagi, jika suasana halaman belakang dihiasi bunga-bunga layaknya sebuah taman kecil.

Seperti layaknya sebuah dapur, terdapat bagian-bagian penting yang harus diperhatikan supaya dapur bisa mengakomodir kebutuhan penghuninya. Beberapa bagian penting tersebut yaitu:

1. Tempat Cuci Piring (Sink)

Untuk tempat cuci (sink), sekarang tersedia dengan berbagai pilihan model dan bahan. Ada sink yang satu bak, dan ada juga sink yang dua bak.

Untuk bahannya, biasanya sink terbuat dari logam dengan ketebalan yang bervariasi, tetapi ada juga sink yang terbuat dari batu. Sink yang terbuat dari batu ini biasanya lebih memberikan kesan mewah pada dapur, namun tentunya dengan harga yang lebih tinggi.

2. Kompor 

Kompor biasanya dibagi berdasarkan jumlah tungku perapiannya. Biasanya, berdasarkan jumlah tungkunya, kompor cukup bervariasi, dengan jumlah tungku dari satu hingga empat buah tungku.

Kompor juga dibedakan menjadi kompor yang hanya ditaruh di atas meja dapur tetapi ada juga kompor yang disebut dengan kompor tanam. Kompor tanam ini dirancang dengan memasukkan atau menanamnya pada meja dapur.

Saat-saat ini, jenis kompor tanam mulai semakin diminati oleh banyak orang. Kompor tanam ini memiliki beberapa kelebihan. Salah satunya yaitu tidak adanya kotoran di sela-sela kompor, sehingga membuat kompor lebih bersih. Selain itu, kompor tanam juga memberikan kesan mewah pada dapur.

3. Rak Penyimpanan

Untuk tempat penyimpanan, umumnya orang memanfaatkan bagian bawah meja dapur dan bagian atas dapur dengan memasang lemari gantung. Rak bagian bawah meja dapur biasa dipakai untuk menaruh alat-alat masak yang cenderung lebih berat.

Selain itu, rak bagian bawah meja dapur juga digunakan untuk menaruh tabung gas. Sementara, rak atau lemari di atas biasanya digunakan untuk peralatan makan seperti piring, gelas, sendok, dan peralatan lainnya.

Tidak jarang juga pada lemari dapur ada bagian yang alasnya terbuka tepat diatas sink. Tempat terbuka ini biasanya digunakan untuk menaruh piring-piring basah yang baru selesai dicuci sehingga tetesan airnya tidak membasahi meja dapur.

4. Lemari Es/Kulkas

Selain tiga hal tersebut, lemari es juga merupakan bagian penting dalam perlengkapan dapur. Lemari es atau kulkas digunakan untuk penyimpanan bahan-bahan segar seperti daging dan sayuran.

Pengaturan letak lemari es juga mempengaruhi kenyamanan dapur. Untuk dapur terbuka, orang banyak memilih untuk menaruh lemari esnya di dalam rumah.

Jadi dapat dikatakan, lemari es tersebut berlokasi sedikit terpisah dari dapur. Hal ini biasa dilakukan dengan pertimbangan supaya lemari es tidak cepat rusak akibat terkena perubahan udara luar. 

Dari penjelasan ini, Anda dapat memperkirakan desain dapur terbuka yang Anda idam-idamkan. Berikut ini beberapa contoh desain dapur terbuka yang pasti membuat Anda betah di dapur.

1. Desain I

10 Desain Dapur Terbuka


2. Desain II

10 Desain Dapur Terbuka


3. Desain III

Desain III


4. Desain IV

10 Desain Dapur Terbuka


5. Desain V

10 Desain Dapur Terbuka


6. Desain VI

10 Desain Dapur Terbuka


7. Desain VII

10 Desain Dapur Terbuka


8. Desain VIII

10 Desain Dapur Terbuka


9. Desain IX


10. Desain X


Itulah 10 contoh desain dapur terbuka yang dapat Anda pilih. Kesepuluh contoh desain ini hanyalah beberapa contoh desain dapur, dari sekian banyak contoh desain dapur yang ada.

Dalam memilih desain yang tepat, tentunya semuanya bergantung pada: 

1. Ketersedian lahan 

2. Dana

3. Proses pembuatan dapur

4. Instalasi saluran air bersih dan air kotornya harus bagus. 

Hal ini perlu diperhatikan agar dapur menjadi nyaman dan bersih.

Karena dapur terbuka ini sifatnya memanfaatkan lahan sisa seperti halaman belakang, maka perlu diperhatikan beberapa hal sepele seperti paparan sinar matahari dan cipratan air hujan. Hal ini pun juga harus diperhatikan agar dapur dapat senantiasa nyaman.

Dapur terbuka dapat ditambahkan beberapa sarana penunjang lain seperti:

- Penataan taman belakang dalam bentuk pepohonan

- Air terjun mini 

- Kolam renang. 

Sarana penunjuang seperti ini juga sangat melengkapi kenyamanan dapur terbuka.

Tentunya semua desain dapur terbuka akan menjadi semakin sempurna jika penghuni rumahnya pun punya keterampilan memasak yang mumpuni. Dapur rasanya akan menjadi tempat yang paling nyaman untuk berkumpul sekeluarga.

Ditambah dengan keadaan pandemi seperti sekarang dimana orang melakukan banyak hal dari rumah, maka ketersediaan desain dapur terbuka yang betah menjadi semakin diperlukan.

Komentar