6 Merek Cat Tembok Bagus dan Tahan Lama untuk Rumahmu


6 Merek Cat Tembok Bagus dan Tahan Lama

Cat tembok tentunya bukan sesuatu yang asing untuk kita semua. Baik untuk seorang yang bergerak dalam bidang konstruksi maupun Anda yang hanya pemilik sebuah rumah hunian, sudah pasti cat tembok selalu menjadi bahan perbincangan.

Cat tembok menjadi sarana bagi Anda untuk berkreasi dalam mempercantik rumah Anda. Selain mempercantik, cat tembok juga berfungsi melindungi rumah kita dari berbagai faktor kerusakan lain seperti jamur, hujan atau juga terpaan matahari.

Oleh karena itu, banyak orang yang mengembangkan berbagai jenis cat tembok dengan variasi warna dan daya tahannya terhadap faktor kerusakan seperti itu. Adapun cat tembok yang ada di pasaran biasanya dijual dalam ukuran 5 liter dan 25 liter.

Selain berdasarkan ukurannya, cat tembok juga dibagi sesuai fungsinya. Berdasarkan fungsinya, biasanya cat tembok dibagi menjadi dua jenis yaitu cat interior dan eksterior.

Cat Interior 

Merupakan cat yang hanya cocok digunakan untuk bagian dalam rumah saja. Cat jenis ini tidak bisa digunakan untuk bagian luar rumah. Hal ini disebabkan karena cat tembok interior biasa tidak tahan terdapat perubahan cuaca seperti hujan dan panas.

Cat Eksterior

Hal ini tentunya sangat berkebalikan dengan cat eksterior yang khusus dibuat untuk rumah bagian luar. Cat ini pun juga diformulasi agar tahan terhadap perubahan cuaca.

Saat ini, sudah banyak sekali cat-cat tembok yang beredar di pasaran. Cat tembok ini pun saling bersaing antar mereknya baik secara harga maupun secara kualitasnya. Dari sekian banyak merek cat tembok rumah, terdapat setidaknya 6 merek cat rumah bagus. Berikut ini 6 merek cat rumah bagus yang banyak dijual di pasaran beserta kelebihannya masing-masing.


1. Dulux Catylax

Dulux Catylax

Dulux Catylax adalah salah satu cat rumah yang bagus dan tahan lama. Dengan teknologi chroma brite yang dimilikinya, serta kandungannya yang bebas dari raksa/merkuri menjadikan cat tembok ini tidak berbahaya bagi lesehatan lingkungan.

Pilihan warnanya yang tergolong lengkap, dan dengan pilihan untuk cat interior dan eksteriornya menjadikan Dulux sangat digemari dan menjadi pilihan cat rumah bagus dan tahan lama.


2. Nippon Paint

Nippon Paint

Cat tembok asal Jepang ini menjamin bahwa catnya dapat membuat diri Anda bebas dari polutan atau VOC (volatile organic compound/senyawa organik yang mudah menguap) yang dipancarkan ke udara.

Adanya formulasi yang dirancang khusus untuk Nippon Paint membuat cat ini memiliki kadar VOC yang hampir 0%, sehingga aman untuk lingkungan dan penghuni rumah. Formulasi inilah yang membuat cat ini menjadi salah satu cat rumah bagus.


3. Avitex

Avitex

Avitex adalah merek cat rumah bagus dan tahan lama. Selain cat ini mudah kering dan tahan pudar, terdapat beberapa jenis cat Avitex yang mudah dicuci jika terkena kotoran.

Kemudahannya dalam membersihkannya membuat cat ini banyak disukai orang dan tergolong bagus bagi pasar, karena membuat tembok rumah dapat kembali bersih walaupun sudah terkena kotoran.


4. Jotun

Jotun

Jika Anda mempunyai anak kecil yang sering menggambar atau tidak sengaja mencorat-coret tembok, maka Jotun adalah pilihan merek cat rumah bagus dan cocok untuk Anda.

Sama halnya seperti Avitex, Jotun juga diklaim sebagai cat tembok yang mudah dibersihkan dari berbagai kotoran rumah tangga. Alasan inilah yang membuat Jotun menjadi salah satu merek cat rumah bagus yang pantas diperhitungkan.


5. No Drop

No Drop

Awalnya No Drop dibuat hanya sebagai cat untuk menahan rembesan pada tembok. Kekuatannya menahan rembesan air membuat cat ini menjadi merek cat yang paling menjadi andalan untuk eksterior rumah Anda.

Banyak orang yang menggunakan No Drop karena ketahanannya terhadap bocor dan rembesan air. Bukan hanya pada permukaan tembok, cat ini pun juga digunakan untuk melapisi cor beton, asbes, dan galvanis, dengan tujuan yang sama yaitu menahan rembesan air.

No Drop secara umum dijual dengan harga yang agak lebih mahal daripada cat merek lainnya. Walaupun secara harga relatif lebih tinggi dari merek lain, namun jika Anda ingin eksterior rumah Anda tetap bagus, maka Anda harus memilih No Drop. Dengan Anda memilih cat ini, eksterior rumah Anda akan terus awet, tanpa adanya kebocoran atau rembesan air pada tembok rumah Anda.


6. Decolith

Decolith

Merek cat rumah bagus dan tahan lama yang terakhir adalah Decolith. Sebagai cat yang berkualitas dan ramah lingkungan, Decolith adalah satu-satunya cat tembok di kelasnya yang benar-benar 100% menggunakan aklirik sebagai bahan dasarnya. 

Decolith memiliki daya tutup (coverage) yang luas, sehingga Anda dapat mengecat area tembok yang lebih luas walaupun dengan jumlah cat Decolith yang lebih sedikit daripada cat merek lainnya.

Itulah 6 merek cat tembok yang bagus dan tahan lama untuk rumah idaman Anda. Selain 6 merek di atas, tentunya ada banyak merek-merek lain yang tidak kalah bagus dan tahan lama. Tentunya, cat merek lain pun juga dapat menjadikan rumah kita menjadi lebih indah.

Nah, bagi Anda yang sedang memilih cat tembok, akan jauh lebih baik jika Anda memilih cat tembok sesuai fungsinya. Hal yang paling utama dalam memilih cat adalah pilihlah jenis cat yang sesuai dengan peruntukannya, agar hasil yang dapat diperoleh lebih maksimal.

Jika Anda sedang menginginkan cat untuk eksterior rumah Anda, maka gunakanlah cat eksterior. Begitu juga sebaliknya, jika Anda menginginkan interior rumah Anda berganti warna tembok, maka gunakanlah cat khusus untuk interior rumah.

Memang sih, kita dapat menggunakan cat khusus interior untuk bagian luar rumah kita. Namun walaupun demikian, hasil yang Anda peroleh tidak akan maksimal.

Jika Anda menggunakan cat interior untuk eksterior rumah Anda, maka cat tersebut akan mudah mengelupas dan tidak tahan terkena cuaca dan paparan sinar matahari. Oleh karena itu, pilihlah cat yang sesuai dengan peruntukannya ya.

Dalam memilih cat, pertimbangkan juga banyaknya dana yang Anda sudah alokasikan. Hal ini perlu dipertimbangkan juga agar dana yang sudah Anda keluarkan tidak terbuang sia-sia dengan membeli cat yang tidak sesuai dengan peruntukannya. 


Komentar