Simak Keunggulan Semen SCG Dibandingkan Semen Merek Lain

Keunggulan Semen SCG

Semen SCG merupakan salah satu semen bangunan yang saat ini sedang beredar di pasaran. Nama semen ini yaitu “SCG” berasal dari singkatan Siam Cement Group atau kelompok semen dari Siam. Sesuai namanya ini, maka dapat kita ketahui bahwa semen SCG ini merupakan semen yang berasal dari daerah Siam, Kota Bangkok, Thailand. 

Perusahaan SCG ini pun merupakan perusahaan konglomerat yang paling tua se-Asia Tenggara dalam bidang material. Semen SCG ini dianggap sebagai salah satu semen bangunan terbaik yang pernah ada di pasar Indonesia. Kira-kira apa saja ya keunggulan semen SCG ini dibandingkan semen merek lain? Yuk, kita simak 6 keunggulannya pada artikel kali ini.

1. Tersusun dari Formula yang Unggul

Pada saat peluncuran pertamanya di pasaran pada tanggal 24 Agustus 2021 lalu, Sales and Marketing Director dari SCG CBM Indonesia Thichet Srisuriyon menyebutkan bahwa semen SCG ini akan dipasarkan dalam dua produk, yaitu perekat bata ringan dan pasangan bata dan plesteran. Kedua produk ini dibuat dari formula yang unggul dengan melibatkan berbagai bahan baku yang diyakini berkualitas tinggi. 

Adanya formula yang unggul ini membuat semen SCG ini memiliki daya rekat dan elastisitas yang tinggi, dan tentunya akan menghasilkan bangunan yang baik pula. Selain itu juga, formula yang unggul ini membuat penggunaan semen SCG ini dapat menjadi lebih sedikit, dan tetap menghasilkan bangunan yang sama baiknya saat menggunakan semen lain dengan jumlah yang lebih sedikit. 

Pihak SCG sendiri pernah melakukan uji coba terkait hal ini, dimana saat mengerjakan sebuah plester, mereka memerlukan 10 kg semen biasa. Namun setelah menggunakan semen SCG, mereka hanya memerlukan 8 kg untuk memplester area tersebut yang sama luasnya. 

Dari percobaan ini pun, SCG sendiri mengklaim bahwa penggunaan 40 kg semen SCG akan memberi hasil yang sama dengan penggunaan 50 kg semen biasa. Hal ini pun membuat penggunaan produk semen ini membantu menghemat biaya untuk membeli semen.

2. Terbuat dari Bahan Baku yang Berkualitas Tinggi

Sama halnya dengan keunggulan nomor 1, semen SCG ini terbuat dari bahan baku yang berkualitas tinggi. Semen ini disusun dari formula yang unggul dengan menggunakan semen Portland, pasir silika, material pengisi, material split dan zat aditif yang semuanya berkualitas tinggi. 

Dengan adanya bahan baku semen SCG yang berkualitas tinggi, ditambah dengan formulasinya yang mutakhir, maka semen ini akan menghasilkan mutu yang konsisten setiap saatnya dan membuat bangunan yang dihasilkannya berkualitas baik juga.

3. Strukturnya Lebih Lembut

Formula yang unggul dari semen SCG ini tidak hanya membuat semen ini berkualitas tinggi, namun juga membuat struktur dari semen ini lebih lembut daripada semen lain pada umumnya. Karena strukturnya yang lebih lembut, maka semen SCG ini dapat merata dengan lebih mudah saat dilakukan proses pengadukan. 

Hal ini tentu saja membuat si pengaduk semen lebih mudah dalam melakukan pekerjaannya, dan tentunya membuat proses pengerjaan bangunan menghabiskan waktu yang lebih singkat daripada biasanya.

4. Ramah Terhadap Lingkungan

Selain berkualitas tinggi dan strukturnya yang lebih lembut, formula dari semen yang satu ini juga membuat semen SCG lebih ramah terhadap lingkungan. SCG sendiri menerapkan sustainable development pada setiap produk yang dikembangkan olehnya. 

Karena itulah, semen SCG dirancang sedemikian rupa agar limbah hasil konstruksi dan sisa pemakaian semen dapat ditekan jumlahnya hingga seminimal mungkin. Hal ini pun membuat semen SCG menjadi lebih ramah lingkungan dan tidak memberikan dampak negatif bagi keberlangsungan lingkungan.

5. Menghasilkan Kualitas Bangunan yang Baik

Semen SCG juga dapat menghasilkan kualitas bangunan yang lebih baik daripada semen merek lainnya. Formulasi yang unggul dari semen ini membuat bangunan menjadi tidak mudah susut, dan tentunya membuat bangunan lebih kokoh dan lebih tahan terhadap segala cuaca. Daya rekatnya dan tingkat elastisitasnya yang tinggi membuat bangunan yang dihasilkan dapat lebih rapi dan tentunya membuat bangunan lebih tidak mudah timbul retak rambut.

6. Memiliki Prinsip Value for Money

Keunggulan terakhir dari semen SCG adalah hemat biaya. SCG sudah mengumumkan bahwa setiap produk yang dikembangkan selalu menerapkan prinsip value for money, sehingga orang yang menggunakan semen ini dapat menghasilkan kualitas bangunan yang sama baiknya walaupun dengan menggunakan jumlah semen yang lebih sedikit. 

Selain itu juga, walaupun dibuat dengan formula yang unggul, semen SCG ini dijual dengan harga yang tidak terlampau mahal. Semen ini pun dijual di pasaran dengan harga yang kompetitif dengan semen merek lainnya.

Itulah beberapa keunggulan semen SCG dibandingkan semen merek lainnya. Bagi Anda yang sedang memilih semen yang baik untuk proses konstruksi Anda, maka semen SCG ini dapat dijadikan sebagai salah satu pertimbangan Anda nantinya.



Komentar