Perlu Tahu! 10 Jenis Kabel untuk Instalasi Listrik Rumah

 

10 Jenis Kabel untuk Instalasi Listrik Rumah

Listrik adalah sumber energi yang banyak digunakan di rumah-rumah kita, seperti untuk menyalakan lampu, pendingin ruangan, menyalakan televisi, lemari es dan masih banyak yang lainnya. Singkat kata, listrik menjadi sesuatu kebutuhan mutlak di suatu rumah.

Listrik juga sering kali menjadi tolok ukur kemajuan suatu daerah tertentu, suatu daerah atau Kawasan atau desa tertentu yang tidak mempunyai saluran listrik menggambarkan kalau daerah tersebut masih sangat tertinggal. Oleh karena itulah maka kabel listrik menjadi media satu satunya untuk menyalurkan arus listrik.

Secara umum, kabel listrik terbuat dari bahan tembaga atau aluminium yang berfungsi sebagai konduktor (penghantar arus listrik) yang kemudian terbungkus oleh suatu bahan termoplastik yang berfungsi sebagai isolator (tidak menghantarkan arus listrik).

Isolator ini berfungsi sebagai bahan pelindung atau pengaman agar kabel dapat disentuh tanpa mengakibatkan orang tersengat listrik. Nah, sampai saat ini sudah banyak sekali jenis-jenis kabel yang beredar di pasaran dan dapat digunakan untuk instalasi listrik pada rumah Anda. Berikut ini 10 jenis kabel listrik dan kegunaannya masing-masing.

1. Kabel NYM

Kabel NYM

Jenis kabel ini menpunyai inti kabel satu sampai empat inti, dengan isolatornya terbuat dari bahan PVC. Karena bahan isolator PVC ini, maka kabel jenis ini dapat digunakan pada daerah yang kering maupun basah.


2. Kabel NYY

Kabel NYY

Kabel jenis ini mempunyai inti tembaga dan isolasi PVC, dan biasa digunakan untuk instalasi baik di dalam tanah maupun di lingkungan terbuka. Kabel ini biasanya ditambah dengan perlindungan lain seperti pipa PVC atau pipa besi.

Terkadang, kabel ini pun juga dilengkapi dengan anti gigitan tikus. Secara harga, kabel ini relatif lebih mahal karena bahan isolatornya yang sangat kuat.


3. Kabel NYA

Kabel NYA

Kabel ini mengandung inti yang berupa tembaga tunggal dan isolatornya yang berupa PVC satu lapis. Kabel jenis ini biasa digunakan di perumahan, dan untuk keamanan biasanya dimasukkan ke dalam pipa PVC untuk melindungi kabel ini agar tidak mudah rusak.


4. Kabel NYAF

Kabel NYAF

Kabel ini mirip dengan kabel NYA. Hanya saja inti tembaganya berbentuk serabut-serabut halus, sehingga fleksibiltasnya lebih tinggi daripada kabel NYA.

Kabel ini banyak digunakan pada panel listrik yang membutuhkan banyak lekukan. Tetapi karena isolatornya hanya berupa PVC satu lapis, maka kabel jenis ini tidak disarankan untuk digunakan di daerah basah atau daerah yang terbuka (outdoor) karena bagian isolatornya akan mudah terkelupas.


5. Kabel NYYHY

Kabel NYYHY

Kabel ini mempunyai lebih dari satu inti tembaga yang berserabut, dengan selubung luar berupa PVC yang bertindak sebagai isolatornya. Kabel jenis ini juga banyak digunakan di dalam rumah karena fleksibel dan mudah dipasang.


6. Kabel NYMHY

Kabel NYMHY

Sama halnya dengan kabel NYYHY, jenis kabel ini juga memiliki lebih dari satu inti tembaga berserabut. Kabel ini juga menggunakan PVC sebagai isolatornya, tapi mempunyai isolator bagian dalam dan isolator bagian luar yang merupakan pelindung. Biasanya kabel ini digunakan di rumah-rumah dengan daya listrik dibawah 500 Watt.


7. Kabel NYMHYO

Kabel NYMHYO

Jenis kabel ini pun juga memiliki lebih dari satu inti tembaga berserabut. Isolatornya juga terbuat dari PVC, dan dilengkapi dengan selubung luar. Biasanya kabel ini digunakan untuk peralatan yang berbasis audio seperti speaker atau sound system. Kabel ini tidak dirancang untuk arus listrik yang besar, dan kabel ini pun juga tidak tahan terhadap cuaca.


8. Kabel BC (Bare Core)

Kabel BC (Bare Core)

Kabel ini merupakan kabel yang berbeda dengan kabel lain karena tidak dilengkapi dengan lapisan isolator. Oleh karena itulah kabel ini dinamai kabel BC atau Bare Core yang berarti “inti yang tidak terlindungi” atau “inti yang telanjang”.

Kabel ini biasa digunakan untuk instalasi seperti grounding atau penangkal petir. Karena tidak dilengkapi isolator luar, maka setiap kali menggunakan kabel ini diharapkan untuk menggunakan pipa PVC sebagai pelindung. Hal ini perlu Anda lakukan agar keamanan Anda dan keluarga tetap terjaga.


9. Kabel ACSR (Aluminium Conductor Steel Reinforced)

Kabel ACSR (Aluminium Conductor Steel Reinforced)

Kabel ini terbuat dari alumunium dan memiliki inti yang tersusun dari kawat baja. Biasanya, kabel ini digunakan untuk mengalirkan arus listrik skala besar seperti perusahaan listrik.

Kabel ini tidak dilengkapi dengan isolator. Karena tidak dilengkapi dengan isolator, maka biasanya kabel ini dapat menurunkan atau mendinginkan suhu kabel pada saat mengalirkan arus listrik yang besar.


10. Kabel NYRGBY/NYFGBY/NYBY

Kabel NYRGBY/NYFGBY/NYBY

Jenis kabel yang satu ini mempunyai satu atau lebih inti tembaga dan dilengkapi dengan isolator PVC. Kabel ini pun juga dilengkapi dengan pelindung kawat baja bulat dan lilitan plat baja, serta isolator PVC di bagian luarnya. Biasanya kabel ini ditanam di tanah tanpa perlu pelindung tambahan.

Inilah beberapa 10 jenis kabel untuk instalasi rumah Anda. jika Anda sedang mempertimbangkan kabel apa yang Anda ingin pakai, sebaiknya Anda pikirkan terlebih dahulu ya fungsi dari kabel tersebut. Perhatikan juga fungsi dari ruangan yang ingin diinstalasi dengan kabel listrik, agar ruangan tersebut dapat diinstalasi dengan jenis kabel yang cocok dengan kegunaannya.

Komentar