Terbaru 2021! 13 Desain Rumah Tipe Minimalis

 

Desain Rumah Tipe Minimalis

Rumah tipe minimalis menjadi pilihan favorit bagi banyak orang. Selain desainnya yang cantik dan mungil, rumah minimalis juga dirasa cukup mampu mengakomodasi kebutuhan penghuninya.

Ukurannya yang mungil menjadikan rumah ini tidak memerlukan lahan yang terlalu luas. Secara umum, desain rumah minimalis biasanya sangat memperhatikan desain fasad rumah dan pemanfaatan lahan yang ada, sehingga menjadikannya tampak menarik dan mampu menjadi hunian yang nyaman.

Keterbatasan lahan tentunya menjadikan desain rumah minimalis mengutamakan pengadaan ruang yang dianggap paling diperlukan, seperti carport atau tempat parkir, kamar tidur, ruang keluarga atau ruang tengah, dan kamar mandi. Sedangkan, beberapa ruang lainnya bisa disesuaikan dengan keadaan, seperti ruang tamu, dapur dan ruang makan.

Ruang tamu bisa memanfaatkan teras di depan rumah, sementara dapur dan ruang makan bisa memanfaatkan halaman belakang. Hal ini tentunya harus disesuaikan dengan ketersediaan dana dan lahan yang ada.

Nah, apakah Anda saat ini sedang mencari desain rumah yang tetap terlihat cantik walaupun minimalis? Pada artikel kali ini, saya akan menyajikan beberapa opsi desain rumah minimalis untuk Anda. Berikut ini 13 desain rumah minimalis yang bisa menjadi alternatif rumah idamanmu. 

A. Desain Rumah Minimalis Tipe 21

Tipe 21 merupakan ukuran terkecil sebuah rumah minimalis. Luas tanah yang diperlukan yaitu sekitar 60 – 70 m2. Dengan memanfaatkan lahan tersebut, rumah tipe 21 ini memiliki satu kamar tidur, satu kamar mandi, dapur, ruang makan, tempat mencuci baju, dan ruang tamu.

Pembagian ruangan seperti ini sudah dapat dikatakan lengkap, apalagi untuk ukuran sebuah rumah minimalis. Banyak model untuk desain rumah minimalis tipe 21, misalkan dengan membuat agar rumah tersebut memiliki dua kamar tidur.

Adanya satu kamar tidur ekstra tentu membuat ruangan yang lain akan sedikit lebih berkurang luasnya. Berikut ini beberapa contoh desain rumah minimalis tipe 21.

1. Satu Kamar Tidur dan Dapur

Satu Kamar Tidur dan Dapur

Desain rumah minimalis tipe 21 ini mempunyai satu kamar tidur, satu kamar mandi, dapur dan ruang keluarga. Pada desain ini tidak tersedia secara khusus ruang tamu dan ruang makan, sehingga ruang keluarga bisa merangkap menjadi ruang tamu dan bisa juga digunakan sebagai ruang makan.

2. Satu Dapur dan Ruang Makan

Satu Dapur dan Ruang Makan

Pada desain rumah minimalis ini terdapat juga satu kamar tidur dan ruang tengah. Namun desain ini agak berbeda dengan desain yang pertama. Desain ini mempunyai sedikit area dapur, dan juga area makan yang sangat minimalis. Sekilas tampak terlihat cantik ya.

3. Satu Kamar Tidur dan Dapur Terbuka

Satu Kamar Tidur dan Dapur Terbuka

Pada desain rumah minimalis ini terdapat juga satu kamar tidur. Desain ini memanfaatkan area dapur yang terbuka dengan ruang tengah sehingga rumah tersebut memberikan kesan yang luas.

Tampilan Fasad Desain Rumah Minimalis Tipe 21

Tampilan Fasad Desain Rumah Minimalis Tipe 21

Tampak depan rumah (fasad) menjadi salah satu kelebihan untuk rumah minimalis, sehingga menjadikannya tampak menarik dan modern. Berikut ini contoh tampilan fasad untuk desain rumah minimalis tipe 21.


B. Desain Rumah Minimalis Tipe 36

Berbeda dengan tipe 21, desain rumah minimalis tipe 36 rata-rata sudah mempunyai dua kamar tidur. Tipe ini termasuk yang paling diminati orang saat ini karena cocok untuk keluarga kecil yang mempunyai satu atau dua orang anak. Berikut adalah salah satu contoh desain rumah minimalis tipe 36.

1. Dua Kamar Tidur dan Dapur Luas

Dua Kamar Tidur dan Dapur Luas

Pada desain yang satu ini sudah terdapat dua kamar tidur dan ruang tengah. Ruang tengah yang satu ini agak sedikit sempit, namun dapur yang dimiliki oleh desain yang satu ini cukup luas dan dapat memuat satu lemari dapur yang bisa digunakan untuk menaruh peralatan masak seperti panci dan penggorengan.

2. Dua Kamar Tidur dan Dapur Sempit

Sama halnya dengan desain yang pertama, desain yang satu ini juga sudah terdapat dua kamar tidur dan ruang tengah. Namun, ruang tengah yang satu ini lebih luas dan dapat memuat lebih banyak tamu. Akibat dari ruang tengah yang luas ini adalah adanya dapur yang sangat sempit.

Tampilan Fasad Desain Rumah Minimalis Tipe 36

Tampilan Fasad Desain Rumah Minimalis Tipe 36

Desain fasad rumah tipe 36 tampak memberikan kesan yang menjadikan rumah kelihatan besar. Tidak jarang juga teras depan kemudian dimanfaatkan sebagai rumah tamu. Berikut ini tampilan fasad untuk desain rumah minimalis tipe 36.


C. Desain Rumah Minimalis Tipe 45

Selain tipe 21 dan tipe 36, salah satu tipe lain untuk rumah minimalis adalah tipe 45. Pada tipe 45, sudah pasti ruangannya menjadi lebih lengkap atau lebih besar daripada rumah dengan tipe 36.

Rumah minimalis dengan tipe 45 biasanya memiliki dua sampai tiga kamar tidur, satu ruang tengah, dapur dan ruang makan, dan satu sampai dua kamar mandi. Berikut salah satu contoh desain rumah minimalis tipe 45.

1. Dua Kamar Tidur dan Tiga Kamar Mandi

Dua Kamar Tidur dan Tiga Kamar Mandi

Secara sekilas, memang desain yang satu ini terkesan memiliki banyak sekali ruangan yang hampir semuanya berukuran kecil. Pada desain ini, terdapat dua kamar tidur yang berukuran hampir sama dan tiga kamar mandi yang kecil-kecil.

2. Dua Kamar Tidur dan Dua Kamar Mandi

Dua Kamar Tidur dan Dua Kamar Mandi

Desain yang satu ini terkesan lebih luas, karena jumlah ruangannya yang tidak terlalu banyak. Desain ini memiliki area makan yang cukup luas, ditambah dengan dua ruang kamar yang cukup luas juga. Kedua kamar mandi yang ada pada desain ini bentuknya memanjang, dan lebih luas daripada desain yang pertama.

3. Tiga Kamar Tidur dan Satu Kamar Mandi

Desain yang satu ini memiliki tiga kamar tidur dan satu kamar mandi. Area makan yang dimiliki pada desain ini tidak terlalu luas seperti pada desain kedua. Namun, ketiga kamar tidurnya memiliki ukuran yang sama persis. Desain seperti ini cocok untuk keluarga dengan dua anak remaja.

Tampilan Fasad Desain Rumah Minimalis Tipe 45

Tampilan Fasad Desain Rumah Minimalis Tipe 45

Desain fasad rumah tipe 45 memberikan kesan mewah pada rumah. Walaupun rumah tersebut memiliki desain yang minimalis, namun fasad dari rumah tipe 45 dapat membuat rumah tampak terlihat bagus. Berikut ini tampilan fasad untuk desain rumah minimalis tipe 45.


D. Desain Rumah Minimalis Tipe 60

Selain tipe-tipe rumah diatas, ada jenis rumah minimalis dengan tipe 60 yang tentunya menjadinya suatu hunian yang sangat nyaman. Berikut ini salah satu contoh desain rumah minimalis tipe 60.

1. Tiga Kamar Tidur dan Dua Kamar Mandi

Tiga Kamar Tidur dan Dua Kamar Mandi


Desain ini merupakan contoh desain rumah minimalis tipe 60 yang tergolong sangat lengkap. Desain ini memiliki tiga kamar tidur, dua kamar mandi, ruang tamu, dan ruang keluarga yang terpisah. Desain ini juga dilengkapi dengan dapur dan ruang makan yang cukup luas.

2. Tiga Kamar Tidur dan Tiga Kamar Mandi

Desain yang satu ini memiliki ruangan yang hampir semuanya berukuran lebih sempit daripada desain yang pertama untuk tipe 60.

Kelebihan dari desain ini yaitu jumlah kamar mandinya yang lebih banyak daripada desain pertama, yaitu sebanyak tiga kamar mandi. Desain ini juga memiliki tiga kamar tidur, namun setiap kamar tidurnya berukuran lebih kecil daripada desain pertama.

Tampilan Fasad Desain Rumah Minimalis Tipe 60

Tampilan Fasad Desain Rumah Minimalis Tipe 60

Desain fasad rumah tipe 60 memberi kesan sederhana. Berikut ini tampilan fasad untuk desain rumah minimalis tipe 60.

Inilah 13 desain rumah tipe minimalis dan fasadnya untuk rumah dengan tipe 21, tipe 36, tipe 45, dan tipe 60. Selain tipe-tipe diatas, ada banyak ukuran lain untuk rumah minimalis, seperti tipe 30, tipe 42, dan tipe 75.

Perusahaan pengembang properti biasanya mencari keunikan dan nilai jual tersendiri untuk menarik minat konsumen. Dengan berbagai desain yang terus dikembangkan, maka semakin banyak pula desain yang menghasilkan hunian yang nyaman. Hal ini membuat desain ini semakin dapat mengakomodir kebutuhan penghuninya dan tentunya akan lebih terjangkau secara harga. 

Komentar